Makanan Penambah Darah Ini Ampuh Atasi Anemia

Makanan Penambah Darah Ini Ampuh Atasi Anemia

 

Beberapa jenis makanan penambah darah dan juga obat-obatan untuk penambah darah memang bisa menjadi penyelamat anda saat tubuh anda kurang memproduksi sel darah merah.  Tubuh bisa kekurangan darah karena banyak penyebabnya. Anemia atau keadaan dimana kurangnya sel darah merah dalam tubuh terjadi karena tubuh tidak punya sel darah merah yang cukup.

 

Jumlah sel darah merah dalam tubuh yang sedikit bisa membuat oksigen dan juga nutrisi yang diantar menuju sel-sel dalam tubuh jadi terganggu. Hal ini bisa menyebabkan anda mengalami gejala-gejala anemia, misalnya saja sakit kepala, tangan kaki terasa dingin, lelah, kulit pucat dan bahkan sesak nafas.

 

Konsumsi Makanan Penambah Darah Untuk Mencegah Anemia

Masalah gangguan kesehatan ini memang kerap kali dialami oleh sebagian besar orang. Walaupun umumnya gangguan kesehatan ini kerap kali terjadi pada tahap yang ringan dan dengan jangka waktu yang cukup pendek, tetapi jika tidak segera diobati, maka anemia juga bisa menyebabkan masalah yang cukup serius.

Jika anda ingin meningkatkan jumlah produksi sel darah merah pada tubuh anda, maka anda bisa menggunakan cara yang cukup mudah. Hal ini akan membantu anda dalam mencegah terjadinya kekurangan sel darah merah dengan cara mengatur asupan makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Anda bisa memulai untuk mulai menerapkan pola makan yang sehat dan memenuhi nutrisi sebagai berikut:

 

  • Zat Besi

Kurang zat besi juga bisa menyebabkan anemia. Sehingga anda harus mengonsumsi makanan penambah darah yang kaya akan zat besi. Anda bisa menemukan makanan dengan tinggi zat besi pada jenis makanan daging unggas, daging merah, baik sapi atau kambing, jeroan, baik ati atau ampela, kerang-kerangan serta ikan, biji-bijian, sayur daun hijau, buah-buahan dan bahkan kacang-kacangan.

 

  • Asam Folat

Asam folat juga dikenal dengan vitamin B9 ini juga bisa menambah jumlah sel darah merah. Jika tubuh anda kekurangan asam folat maka anda bisa mengalami anemia. Makanan yang kaya akan asam folat dan merupakan makanan penambah darah ialah kacang merah, kacang polong dan juga sayur daun hijau misalnya saja brokoli atau bayam.

 

  • Vitamin B12

Makanan yang banyak mengandung vitamin B12 yang meliputi ikan, daging merah, susu, sereal, ikan dan juga hati sapi. Sedangkan vitamin ini memang sangat jarang dijumpai pada buah atau sayuran. Sehingga jika anda merupakan seorang vegetarian, maka tentu saja akan lebih rentan terkena anemia.

  • Vitamin B6

Sama halnya seperti vitamin B12, vitamin B6 juga bisa menambah jumlah sel darah merah dalam tubuh. Anda bisa mengonsumsi gandum, nasi, kacang-kacangan dan juga sereal. Untuk jenis daging seperti daging sapi, daging kambing, daging domba dan bahkan ayam juga mengandung vitamin B6 yang merupakan jenis makanan penambah darah.

Pesan snack box untuk acara dimakassar klik disini

Gabung di fanspage dawa catering klik disini

Makanan penambah darah dari buah

makanan penambah darah
makanan penambah darah dari buah buahan

 

Buah buahan yang dapat membantu pembentukan sel darah merah

 

Wortel

Wortel mengandung sangat banyak vitamin A. Vitamin dalam buah ini berbentuk retinol sehingga dapat membantu pembentukan sel – sel darah merah dalam tubuh. Selain untuk pembentukan sel darah merah juga mempunyai fungsi lain yang dapat mengantarkan oksigen keseluruh tubuh. Vitamin A pada wortel juga sangat baik untuk mata. Kandungan vitamin A pada wortel dipercaya dapat meningkatkan penglihatan jarak jauh. Kandungan lain pada wortel adalah vitamin B1, B2, B3, B6, B9 dan vitamin C, Zat besi, Magnesium, Sodium, Kalium, Fosfor, dan kalsium.

 Stroberri

Kandungan anti oksidan pada stroberi dapat membantu meningkatkan pembentukan sel darah merah. Kandungan anti oksidan yang tinggi dipercaya dapat menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel Рsel tubuh. Pada setiap buah stoberri mengandung kalori, karbohidrat, gula, vitamin A, vitamin C, vitamin D, Vitamin E, Vitamin K, vitamin B1 ( thiamine ), vitamin B2 ( riboflavin ) , vitamin B3 ( niacin ), vitamin B5 ( phantothenic acid ), vitamin B6 ( pyridoxine ), vitamin B9 ( folat ), vitamin B12, kalium, sodium, fosfor, zinc, magnesium, zat besi.  Selain menambah darah stoberri juga dapat membantu kesehatan mata, mencegah kanker, memperkuat fungsi otak, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi peradangan, mencegah Arthritis ( radang sendi) dan asam urat, serta menjaga kesehatan jantung.

Jeruk

Kandungan asam folat yang tinggi menjadikan jeruk masuk jajaran buah buahan yang dapat membantu pembentukan sel darah merah. Selain untuk pembentukan sel darah merah jeruk juga berfungsi untuk mencegah sariawan, jeruk juga mampu menjaga sistem imun tubuh, Kandungan pada jeruk juga baik untuk kesehatan ginjal, jeruk juga dapat membantu mengurangi kerusakan pada kulit.

Anggur

Setali tiga uang dengan jeruk, anggur juga mengandung asam folat dan vitamin A yang tinggi sehingga dapat membantu pembentukan sel – sel darah merah. Selain pembentukan sel – sel darah merah anggur juga dipercaya dapat mengendalukan gula darah, mengendalikan tekanan darah, menurunkan resiko penyakit kanker, menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan jantung, menjaga kesehatan tulang, melancarkan sistem pencernaan, dan mencegah penuan dini.

Dengan mengkonsumsi makanan yang makanan dan buah buahan yang mengandung asam folat, zat besi dan vitamin- vitamin dapat membantu menurunkan gejala anemia secara alami. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan kali ini sampai jumpa pada post selanjutnya.

Baca Juga

Tips memilih makanan sehat untuk keluarga klik disini

Makanan yang dapat mencegah keriput klik disini

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *