Ikan untuk kecerdasan

Ikan bakar cepa bumbu kemiri

Telah lama kita mendengar bahwa rahasia kecerdasan orang jepang adalah kegemaran dan minat penduduknya yang tinggi terhadap komsumsi ikan segar. Tapi apa hubungan komsumsi ikan terhadap kecerdasan dan apa saja kandungannya.

Pada posting kali ini admin coba mengangkat tema tentang manfaat dan kandungan ikan yang biasa kita temui pada variasi menu harian dawa catering.

Ikan yang terdiri dari ikan laut dan ikan air tawar keduanya merupakan sumber protein yang penting bagi tubuh. ikan mengandung 18 % protein yang terdiri dari asam-asam amino esensial yang tidak rusak pada saat pemasakan. Jika dalam menu sehari2 kita mengkomsumsi ikan maka kita memberi sumbangan yang tinggi pada jaringan tubuh kita. Apsorbsi atau penyerapan protein hewani pada ikan lebih tinggi dibandingkan dengan daging sapi, ayam dan protein hewani lainnya.

Daging ikan mempunyai serat-serat protein lebih pendek dari daging sapi atau ayam. Oleh karna itu ikan dan olahannya sering dimanfaatkan orang-orang yang mengalami kesulitan pencernaan karna dapat dengan mudah dicerna. Dan adapun kandungan dalam ikan yaitu vitamin A, D, Thiamin, riboflavin, niacin, B6, B12, biotin dan juga ada beberapa mineral seperti magnesium, phosphor, iodium, flour, zat besi, copper, zinc, dan selenium.

Dan beberapa keunggulan ikan dibanding daging sapi dan ayam menurut Elvira syamsir seorang ahli gizi dan Dosen Fakultas Ilmu dan Teknologi Pangan dari Institut Pertanian Bogor yaitu

> Kaya akan protein
Mengandung protein bermutu tinggi dan rendah kandungan lemak jenuh dan kadar protein per 100gramnya sebesar 16-27

> Mengandung asam lemak omega 3, 6 dan 9
Omega 3 atau disebut asam linolenat jenis EPA (Eicosa Pentaenoic Acid) dan DHA (Docosa Hexaenoic Acid) Keduanya merupakan asam lemak esensial. Artinya, keberadaannya tidak bisa dibentuk sendiri oleh tubuh. Sehingga, untuk mendapatkannya hanya   lewat asupan makanan. Jenis asam lemak ini memiliki khasiat untuk membantu perkembangan otak dan menjadi stimulan positif dalam daya ingat. DHA berperan penting dalam susunan jaringan otak sehingga dibutuhkan untuk pertumbuhan otak bayi. Secara alami, DHA hanya ada di dalam ASI dan ikan.

> Sumber vitamin dan mineral yang sangat tinggi.

"Dengan kandungan-kandungan di atas, maka ini berkontribusi dalam mencegah penyakit jantung dan lainnya," ujar Elvira.
Di dalam tubuh, asam lemak tak jenuh akan diubah menjadi HDL (kolesterol baik) yang dapat menurunkan risiko penyempitan pembuluh darah di jantung
Kandungan asam lemak tak jenuh pada ikan lebih banyak tersebar pada bagian daging ikan yang berwarna kemerahan. Bagian yang kemerahan ini akan berubah menjadi kehitaman saat dimasak

> Sangat baik untuk tumbuh kembang anak
Selain karena kandungan gizi sangat banyak, "Protein pada ikan sangat mudah dicerna, seratnya yang pendek dibanding pada daging dan ayam, membuat daging ikan mudah dimasak dan dicerna dalam tubuh," jelas Elvira.

>  Lemak lebih rendah dari ayam dan daging
Kandungan lemaknya masih lebih rendah dari lemak yang terdapat pada ayam maupun daging

Bahkan dari fatty fish atau ikan yang banyak mengandung lemak seperti ikan sarden, tuna mackerel dam king salmon yang memiliki kadar lemak tinggi 15%, ini masih tidak lebih tinggi dari sapi atau ayam.
"Jadi tidak benar ini dikatakan penyebab kolesterol. Asal tidak berlebihan makannya," jelas Elvira.

>  Rajin mengkonsumsi makanan laut untuk mencegah penyakit jantung koroner.
Ini mengapa orang eskimo meski makanan sehari-harinya adalah ikan tapi kasus penyakit jantung sangat rendah karena dalam makanan ini mengandung lemak tak jenuh.

> Dampak kesehatan lainnya juga seperti mencegah tekanan darah tinggi, diabetes.

> Memiliki kandungan tinggi akan vitamin dan mineral
Seperti vitamin B kompleks seperti niasin, B12, B6 dan tiamin yang jika kekurangan vitamin B kompleks maka bisa menimbulkan gejala depresi atau penyakit syaraf lainnya.
Mineral selenium, yodium, kalsium, zat besi, dan zinc merupakan jenis mineral yang diunggulkan dari ikan. Selenium dan zinc merupakan mineral antioksidan yang bisa mencegah kerusakan DNA dan mencegah penuaan dini. Yodium memiliki peranan penting dalam mencegah penyakit gondok, kalsium diperlukan untuk massa tulang, dan zat besi dapat mencegah anemia.

> Dalam kerang, kepiting, dan berbagai jenis tiram, tinggi akan kandungan taurin.
Taurin inilah yang terdapat dalam ASI yang berfungsi sebagai perkembangan sel syaraf bayi.
Taurin sebenarnya bisa diproduksi oleh tubuh, tapi ini sulit. "Sehingga sangat dianjurkan pada ibu hamil dan menyusui agar rajin mengkonsumsi ini," jelasnya.

Setelah melihat kandungan yang terdapat pada ikan maka dapat disimpulkan bahwa menu olahan ikan sangat disarankan dikomsumsi untuk ibu hamil dan menyusui untuk perkembangan kecerdasan bayi dan juga untuk masyarakat umum yang menyukai pola hidup sehat.

Login anggota